Translate

Sabtu, 02 Maret 2013


TSUNAMI

Lihat gelombang tsunami memukul garis pantai.

Tsunami (diucapkan soo-na-Mees), juga dikenal sebagai gelombang laut seismik (keliru disebut "gelombang pasang"), adalah serangkaian gelombang besar yang diciptakan oleh gangguan bawah air sepertigempa bumi , tanah longsor , letusan gunung berapi , atau meteorit.Tsunami dapat memindahkan ratusan mil per jam di laut terbuka dan menabrak tanah dengan gelombang setinggi 100 kaki atau lebih.
Dari daerah mana tsunami berasal, gelombang perjalanan keluar ke segala arah. Setelah gelombang mendekati pantai, itu membangun di ketinggian. Topografi pantai dan dasar laut akan mempengaruhi ukuran gelombang. Mungkin ada lebih dari satu gelombang dan satu berhasil mungkin lebih besar daripada yang sebelumnya. Itu sebabnya tsunami kecil di salah satu pantai bisa menjadi gelombang raksasa beberapa mil jauhnya.
Semua tsunami yang berpotensi berbahaya, meskipun mereka tidak dapat merusak setiap pantai mereka menyerang. Tsunami bisa menyerang di mana saja di sepanjang sebagian besar garis pantai AS. Tsunami paling merusak telah terjadi di sepanjang pantai California, Oregon, Washington, Alaska dan Hawaii.
Gempa yang disebabkan pergerakan dasar laut yang paling sering menimbulkan tsunami. Jika gempa bumi besar atau tanah longsor terjadi dekat dengan pantai, gelombang pertama dalam seri bisa mencapai pantai dalam beberapa menit, bahkan sebelum peringatan dikeluarkan. Area berada pada risiko yang lebih besar jika mereka kurang dari 25 meter di atas permukaan laut dan dalam mil dari garis pantai. Tenggelam adalah penyebab kematian paling umum yang berhubungan dengan tsunami.Tsunami gelombang dan air surut sangat merusak struktur di zona run-up. Bahaya lain termasuk banjir , kontaminasi air minum, dan kebakaran dari pipa gas atau tangki pecah.

Puing-puing setelah tsunamiSebelum Tsunami

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan harta benda Anda dari efek tsunami:
  • Untuk mulai mempersiapkan, Anda harusmembangun sebuah kit darurat dan membuat rencana keluarga komunikasi .
    • Berbicara dengan semua orang dalam rumah tangga Anda tentang apa yang harus dilakukan jika tsunami terjadi. Membuat dan mempraktekkan rencana evakuasi untuk keluarga Anda. Keakraban mungkin akan menyelamatkan nyawa Anda. Mampu mengikuti rute melarikan diri Anda di malam hari dan selama cuaca buruk. Anda harus dapat menjangkau lokasi yang aman Anda berjalan kaki dalam waktu 15 menit. Berlatih rencana Anda membuat respon yang lebih tepat dari reaksi, membutuhkan pemikiran kurang selama keadaan darurat yang sebenarnya.
    • Jika sekolah rencana evakuasi mengharuskan Anda untuk mengambil anak-anak Anda dari sekolah atau dari lokasi lain. Jadilah saluran telepon sadar selama menonton tsunami atau peringatan dapat kelebihan beban dan rute ke dan dari sekolah dapat macet.
    • Mengetahui peringatan komunitas Anda sistem dan rencana bencana, termasuk rute evakuasi.
  • Tahu ketinggian jalan Anda di atas permukaan laut dan jarak dari jalan Anda dari pantai atau berisiko tinggi perairan. Perintah evakuasi dapat didasarkan pada angka-angka.
  • Jika Anda seorang turis, membiasakan diri dengan protokol evakuasi tsunami lokal. Anda mungkin dapat dengan aman mengungsi ke lantai tiga dan lebih tinggi di bertulang struktur beton Hotel.
  • Jika gempa terjadi dan Anda berada di daerah pesisir, menghidupkan radio Anda untuk mengetahui apakah ada peringatan tsunami.

Selama Tsunami

  • Ikuti perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dan evakuasi segera. Ambil hewan Anda dengan Anda.
  • Pindah pedalaman ke tempat yang lebih tinggi segera. Pilih daerah 100 kaki (30 meter) di atas permukaan laut atau pergi sejauh 2 mil (3 kilometer) pedalaman, jauh dari garis pantai. Jika Anda tidak bisa mendapatkan ini tinggi atau jauh, setinggi atau sejauh yang Anda bisa. Setiap kaki pedalaman atau ke atas dapat membuat perbedaan.
  • Tinggal jauh dari pantai. Jangan pernah pergi ke pantai untuk menonton tsunami masuk Jika Anda dapat melihat gelombang Anda terlalu dekat untuk menghindarinya. PERHATIAN - Jika ada resesi terlihat dalam air jauh dari garis pantai ini adalah peringatan tsunami alam dan itu harus diperhatikan. Anda harus menjauh dengan segera.
  • Menyelamatkan diri - tidak harta benda Anda.
  • Ingat untuk membantu tetangga yang mungkin memerlukan bantuan khusus - bayi, orang tua, dan individu dengan akses atau kebutuhan fungsional.

Setelah Tsunami

  • Pulang hanya setelah pejabat lokal mengatakan itu aman. Tsunami adalah serangkaian gelombang yang dapat terus selama berjam-jam. Jangan berasumsi bahwa setelah satu gelombang bahaya sudah berakhir.Gelombang berikutnya mungkin lebih besar dari yang pertama..
  • Hindari daerah bencana. Kehadiran Anda mungkin mengganggu operasi tanggap darurat dan menempatkan Anda pada risiko lebih lanjut dari efek sisa banjir .
  • Tinggal jauh dari puing-puing di dalam air, melainkan dapat menimbulkan bahaya keamanan kepada orang-orang atau hewan peliharaan.
  • Periksa diri karena cedera dan mendapatkan pertolongan pertama yang diperlukan sebelum membantu orang-orang yang terluka atau terjebak.
  • Jika seseorang perlu diselamatkan, hubungi profesional dengan peralatan yang tepat untuk membantu.Banyak orang telah terbunuh atau terluka mencoba untuk menyelamatkan orang lain.
  • Membantu orang yang membutuhkan bantuan khusus-bayi, orang tua, orang-orang tanpa transportasi, orang yang memiliki akses dan kebutuhan fungsional dan keluarga besar yang mungkin memerlukan bantuan tambahan dalam situasi darurat.
  • Tetap keluar dari setiap bangunan yang memiliki air di sekitarnya. Air Tsunami dapat menyebabkan lantai retak atau dinding runtuh.
  • Gunakan hati-hati ketika kembali memasuki gedung atau rumah. Tsunami mungkin telah merusak bangunan di mana Anda tidak menduganya. Hati-hati mengawasi setiap langkah yang Anda ambil.
  • Untuk menghindari cedera, mengenakan pakaian pelindung dan berhati-hati ketika membersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar